Inilah Susunan Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II

  • Whatsapp

Tidak seperti periode-periode sebelumnya, pemilihan para menteri saat ini dilakukan melalui proses fit and proper test yang menjaring banyak calon. Pada tahap pertama, sekitar 100 orang yang diwawancari langsung oleh presiden terpilih Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang didampingi sang wakil, Boediono. Di samping itu, seleksi menteri kali ini juga menggunakan uji kesehatan bagi setiap calon menteri.

Metode pemilihan kali memang perlu diapresiasi. Memilih menteri tidak lagi begitu tertutup seperti di masa Orde Baru. Calon-calon menteri bisa dilihat oleh publik karena diekspos media massa saat dipanggil ke Puri Cikeas, kediaman SBY. Di samping itu, akomodasi dari unsur partai pendukung yang ikut koalisi juga tetap ada. Namun unsur dari akademisi dan profesional juga tidak dikesampingkan sama sekali.

Bacaan Lainnya

Berikut ini adalah daftar lengkap susunan Kabinet Indonesia Bersatu II.

No

Jabatan

Nama Menteri

 Menteri Koordinator 
1Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Marsekal (Purn) Joko Suyanto
2Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Ir. Hatta Radjasa
3Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dr. H. Agung Laksono
4Menteri Sekretaris NegaraSudi Silalahi
   
 Menteri Departemen 
5Menteri Dalam NegeriGamawan Fauzi
6Menteri Luar Negeri Dr. Marty Natalegawa
7Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro
8Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Patrialias Akbar
9Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
10Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Darwin Saleh
11Menteri Perindustrian MS Hidayat
12Menteri Perdagangan Marie Elka Pangestu
13Menteri Pertanian Ir. H. Suswono
14Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan
15Menteri Perhubungan Freddy Numbery
16Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad
17Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar
18Menteri Pekerjaan Umum Joko Kirmanto
19Menteri Kesehatan Endang Rahayu Setyaningsih
20Menteri Pendidikan Nasional Mohamad Nuh
21Menteri Sosial Salim Segaf Aljufri
22Menteri Agama Suryadharma Ali
23Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik
24Menteri Komunikasi dan InformatikaTifatul Sembiring
   
 Menteri Negara 
25Menteri Negara Riset dan Teknologi Suharna Suryapranata
26Menteri Negara Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Syarifudin Hasan
27Menteri Negara Lingkungan Hidup Gusti Muhamad Hatta
28Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Linda Agum Gumelar
29Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi BirokrasiEE Mangindaan
30Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal Helmy Faishal Zaini
31Menteri Negara Perencanaan Pembangunan NasionalArmida Alisyahbana
32Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Mustafa Abubakar
33Menteri Negara Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa
34Menteri Negara Pemuda dan OlahragaAndi Alfian Malarangeng
   
 Pejabat Setingkat Menteri 
35Kepala Unit Kerja Presiden untuk Pengelolaan Program ReformasiKuntoro Mangkusubroto
36Kepala Badan Intelijen NegaraSutanto
37Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Gita Wirjawan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

23 Komentar

  1. Akhirnya, SBY mengumumkan juga para pembantu alias mentrinya. Kebanyakan muka-muka baru yang mudah-mudahan bisa membawa angin perubahan dalam pemerintahan SBY lima tahun mendatang. Tapi ada juga yang hanya pindah markas alias beralih menjadi menteri di lain departemen.

    Sebagai rakyat Indonesia, saya hanya berharap semua yang diangkat menjadi menteri dapat berlaku amanah dan bekerja dengan profesionalitas. Seluruh elemen bangsa ini menunggu kerja nyata anda sekalian dalam memajukan dan mensejahterakan Indonesia.
    Dijual Rumah

    Semoga mereka bisa mengemban amanah itu dengan baik. Semoga rakyat Indonesia tidak dijadikan kelinci percobaan saat SBY menempatkan menteri yang hanya untuk mengakomodir kepentingan partai politik, namun mengesampingkan kapabilitas dan profesionalitas.

  2. Ah, setelah datang ke blog ini, dan mendapati sususan menteri dalam kabinet ini, syukurlah, namaku tak ada di sana… Fiuuffhh! 😀

    Akhirnya, turun gunung juga, Mas. Sudah selesai “bertapa”-nya? Padahal, sudah mau dipanggil audisi ke Cikeas lho?

  3. HADIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIRRRRRRRRRRRRRR..
    Menyapa sahabatku chayank..
    MAAF..
    Baru jalan jalan dan keliling lagi.. pokoknya saya ngabsen dulu yaaaa.. masih banyak tugas keliling maklum habis istirahat tugas banyak yaaaa.. harap di persorry..

    salam sayang

    Sudah diper-sorry, kok, Kang Boed. Jadi sekarang sudah siap jalan-jalan?

    Salam damai

  4. Sebenarnya tanpa metode seperti kemarin pun tidak ada masalah karena mengangkat menteri merupakan hak prerogatif seorang Presiden sehingga baik buruknya kinerja seorang menteri akan menjadi tanggung jawab Presiden.

    Pemilihan menteri seperti kemarin ternyata menyisakan satu masalah untuk posisi Menteri Kesehatan. Sosok kuat yang selama ini digadang-gadang akan menjadi Menkes ternyata tidak terpilih padahal dia sudah melalui beberapa tes dan lemahnya lagi saat ‘audisi’ tidak ada calon lain untuk posisi Menkes. Akhirnya yang bersangkutan diisukan gagal dalam tes kesehatan dan menyisakan rasa malu karena dari awal sudah digembor-gemborkan. Ditambah dengan pemilihan sosok kontroversial yang tiba-tiba muncul sebagai Menteri Kesehatan. Masih banyak pro dan kontra untuk posisi Menkes sekarang ini.

    Membaca wawancara dengan mantan Menkes dan Menkes yang baru di Kompas kemarin, saya jadi semakin yakin, memang ada “sesuatu” di balik kontroversi pencalonan sang menkes baru. Keduanya terkesan menghindar saat diberondong pertanyaan tentang NAMRU-2 itu.

  5. hanya bisa berdoa, semoga keadaan lingkungan di kalimantan memberikan pelajaran yang nyata bagi pak Gt. M Hatta untuk ngurusi lingkungan hidup di negeri ini.

    Saya juga berharap, semoga urang Banua ini bisa mengemban tugas menteri KLH dengn baik. Waktu pulang kampung ke Barabai 2 tahun silam, saya melihat bekas-bekas penambangan batu bara yang dibiarkan begitu saja, menimbulkan kerusakan lingkungan yang parah.

  6. dah lama tak berkunjung
    pa cabar bang
    semoga para terpilih itu segera melaksanakan tugasnya dengab baik ya bang

    salam hangat selalu

    Iya, nih lama, Blue nggak bertandang. Lagi sakit, ya? Moga cepat sembuh deh.

    Kabar saya baik. Semoga menteri yang terpilih bisa menjalankan tugas mereka dengan baik.

  7. sebenarnya barisan KIB II ini menjadi taruhan rakyat utk melakukan perubahan. sayangnya, pak sby malah membiarkan pos2 penting diisi oleh politisi. ini juga bisa menjadi blunder bagi sby meski ini merupakan periode yang terakhir dalam kepemimpinannya. semoga saja mereka yang terekrut benar2 amanah dan sanggup mewujudkan mimpi2 rakyat jadi kenyataan.

    Semoga bukan betul-betul blunder seperti yang kita duga. Rakyat bukanlah kelinci percobaan bagi menteri yang ditunjuk sekedar untuk menyenangkan anggota parpol koalisi padahal tidak kompeten.

  8. Wah selamat deh bagi yang terpilih
    Semoga bisa mengemban tugas dengan baik

    Salam kenal yah
    Kunjungan pertama nih

    Tika MS
    Bali

    Kita semua berharap, agar para menteri baru bisa menjalankan amanahnya dengan sebaik-baiknya.

    Salam kenal juga untuk Tika. Terima kasih banyak sudah sudi mampir ke ladang saya.

    Racheedus- Indramayu

  9. Berharap saja Indonesia akan menjadi lebih baik ketika orang-orang yang menangani semua permasalahan di negara kita ini sesuai bidang dan kemampuannya.

    Itu memang harapan kita semua, Mas. Semoga Indonesia menjadi lebih baik.

  10. makasih berbaginya om, saya gak tau sama sekali tentang susunan ini. nonton beritapun jarang

    Sama-sama, Bang Zul. Susunan menteri ini saya tuliskan, barangkali ada saudara atau tetangga Bang Zul yang jadi menteri. Kan lumayan, barangkali bisa daftar jadi satpam rumahnya. He…he…. sorry becanda.

  11. maaf ya sebelumnya, seharusnya nama2 menteri harus ada fotonya, jangan cuma ada tulisan dan jabatannya aja, klo da yg mo nyari foto+jabatan+nama, susah donk nyarinya . . .
    rata2 situs di internet semuanya sama aja, tlng ya, cape nih nyarinya ! cape dari tadi gak ketemu2.
    tlng ya !

    Maaf sekali, Rizka. Saya nggak sempet cari fotonya. Memang rata-rata tidak ada fotonya. Di samping itu, kalo dikasih difoto, loading-nya jadi lama. Koneksi internet saya lelet.

  12. SAYA JAKIN SBY PASTI BISA, TINGGAL LANJUTKAN, ORANG2 PAPUA SENANG DENGAN SBY-BUDIONO.
    BUDIONO SEMPAT DATANG DI PAPUA MEMBICARAKAN PEMBANGUNAN KEDEPAN PAPUA.
    MALAHAN WAKIL PRESIDEN MELIHAT-LIHAT PAPUA DAN JUGA BAPAK BUDIONO BISA TIDUR DENGAN ORANG2 PAPUA DI PAPUA, SEDANGKAN PEJABAT1 YANG SELAMA INI DATANG TIDAK PERNA TAU DENGAN ORG2 PAPUA ALIAS (MALAS DENGAN ORANG2 PAPUA)

    ALUMNI
    UNJANI

    FRANS HILAPOK
    ANGGKATAN
    2000